Google Nexus S

OK, anda mungkin pernah dengar tentang Nexus S ini, jadi, saya akan membahas dari sisi yang lain : Apakah Nexus S akan membawa perubahan dalam dunia Android seperti halnya Nexus One? Apakah berbeda dibanding S lain?
S lain yang saya maksud diatas adalah Samsung Galaxy S yang populer itu. Bukan, bukan Galaxy Spica🙂 .

Selain Android 2.3 Gingerbread yang dijanjikan Samsung untuk Galaxy S (mudah-mudahan mereka akan menepati janjinya), tampaknya Nexus S tidak membawa perubahan besar dari Galaxy S, dan tidak akan merevolusi dunia Android seperti Nexus One yang revolusioner itu. Apalagi mengingat spesifikasi Nexus S yang tidak banyak berubah dari Nexus One. Prosesor 1 GHz? Sama. RAM 512 MB? Sama. Kamera 5MP? Sama. Oke, saya sudah menyebut 3 komponen yang cukup berpengaruh dalam pengembangan Android, dan ketiganya sama. Ya, prosesor Nexus S punya GPU (Graphics Processing Unit) ebih powerful, tapi sebanyak apa? Ini malah membuat fragmentasi Android semakin parah. Apakah Google menginginkan adanya game “S only, only for S devices” ? Lihat, sebagian besar Android belum memiliki GPU secanggih Nexus S, bahkan mendekati saja tidak.

Bicara tentang Nexus One, tiba-tiba saya teringat dengan pernyataan Google, “Tidak akan ada Nexus Two”. Ini terdengar licik bukan?
Toh, mau tidak mau, cinta tidak cinta, Nexus S adalah adiknya Nexus One dalam markas besar Google. Dan adik One adalah Two. Sangat licik, walaupun saya tidak akan memusuhi Google.

Oke, kembali ke Nexus S. Bagi saya, Nexus S hanyalah Galaxy S yang dimodifikasi Google, tidak seperti Nexus One dimana Google sudah ikut berkecimpung sejak coretan pertama pada kertas desain. Akibatnya, Nexus S terkesan terburu-buru dan dipaksakan.
Apa-apaan ini? Pasang NFC, Android 2.3, dan ganti “Galaxy” dengan “Nexus” ? Itukah pemikiran Google?

Bagi saya, Nexus S adalah perangkat yang tidak terlalu berguna, itu seperti Galaxy S v1.1, hanya sedikit sekali perubahannya. Google sebaiknya tetap menggunakan Nexus One untuk pengembangan Android 2.x, dan memensiunkannya ketika Android memasuki standar baru : Android 3.x

Ya, itulah pendapat yang subyektif dari orang bodoh yang tidak tahu apa-apa tentang Android, tetapi mungkin dapat membuka mata Google untuk meninjau kembali Nexus S. Nasi telah menjadi bubur, Nexus S sudah dibuat, toh banyak juga orang yang senang dengan Nexus S, jadi, lanjutkan saja.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s