Bug yang bagus! (WMP 11+12 di Windows 7)

Software bug (atau glitch) biasanya merugikan pengguna, bahkan produsen. Tetapi bug yang dilatarbelakangi cerita yang sangat panjang ini, memberi keuntungan dari dua versi Windows Media Player (WMP).

Ceritanya dimulai saat saya mencoba downgrade Windows Media Player dari versi 12 ke versi 11 pada sistem operasi Windows 7 Beta (build 7000).https://i2.wp.com/img.photobucket.com/albums/v374/vishaal_here/WMP_Toolbar_in_Win_7.png

Proses berjalan sukses, hingga akhirnya saya dapat melihat mini-player seperti pada gambar.
Tetapi, saya mengalami sejumlah masalah yang kemungkinan disebabkan tidak kompatibelnya WMP 11 pada Windows 7 Beta yang seharusnya menggunakan WMP 12. Masalah terbesarnya adalah crash tiba-tiba saat sedang menjalankan musik dengan WMP, dengan pesan “Server Execution Failed”.

Sehingga, saya kembali melakukan upgrade, dengan men-download file-file WMP 12 (yang sebenarnya di-hack untuk pengguna Vista).

Ternyata, WMP 12 belum mau berjalan, sebab sejumlah file DLL di direktori Windows (biasanya C:\Windows) sudah dimodifikasi.
Solusinya, buka command prompt dalam mode “Run as Administrator”, dan ketikkan perintah “sfc /scannow” tanpa tanda petik.

Setelah proses selesai, dan me-restart Windows, saya tidak mendapati kejanggalan, WMP 12 kembali seperti sedia kala.

Tetapi, alangkah kagetnya, ketika saya mencoba memasukkan shortcut Internet Explorer (InPrivate Browsing). Kemudian saya “Exit Explorer” dengan cara meng-klik kanan pada START MENU sambil menekan tombol CTRL+Shift, dan meng-klik “Exit Explorer”.

WMP11-12inWindows7BugKetika saya membuka kembali explorer, yang saya dapatkan adalah :

WMP 12 dengan mini-player, WOW

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

