Membuat PlayStation 3 anda menjadi yang terbaik didunia!

Sekarang, yang membedakan tipe-tipe PS3 adalah fiturnya, bukan kapasitas harddisknya (HDD).
Mengapa?
Jawabannya, karena sekarang anda bisa meng-upgrade HDD PS3 anda hingga mencapai setengah terabyte (500 GB)!

Jadi, mulai sekarang, jangan bersedih bila anda hanya memiliki PS3 20 GB (Seperti Saya). Selain karena masih banyak yang menggunakan PS1/PS2, kini, anda dapat mengalahkan teman anda yang memiliki PS3 160 GB sekalipun!


Mengategorikan PS3 sebagai game console semata merupakan hal yang kurang tepat. PS3 bukan hanya game console, tetapi juga sebuah Media Client, dan Media Server. Video, foto, dan lagu (MP3) pun dapat disimpan pada HDD internal dan di-playback di PS3 pada HDTV anda (bila anda menggunakan HDTV). Tidak mengherankan,jika HDDnya akan langsung penuh dengan file musik dan film. Upgrade HDD pun terlintas di benak anda. Anda tidak perlu ragu (tetapi perlu keberanian, kesabaran, dan kecermatan dan tentu saja …uang untuk mempersiapkan bahan dan alatnya) karena proses upgrade tidak akan mengorbankan garansi PS3 anda.

HDD notebook sebagai penyimpanan untuk data-data berukuran besar.
Untuk PS3, Sony mengintegrasikan HDD SATA 2.5 inci yang umumnya digunakan pada notebook. Mengingat harga HDD notebook sudah mengalami penurunan yang lumayan, CHIP (dan Saya) akhirnya memilih HDD berkapasitas 320 GB (kalau Saya sekalian 500 GB). HDD baru harus minimal berkecepatan 5400 RPM, bila anda membeli yang 7200 RPM, PS3 akan tetap menjalankannya dengan kecepatan 5400 RPM. Selain HDD, CHIP (dan Saya) juga membutuhkan obeng kembang berukuran PH0.

Backup data terlebih dahulu!
Apabila PS3 anda (atau Saya) sudah lama digunakan, lakukan proses backup lengkap (saved game, demo, film, dan file-file lainnya bila ada) sebelum mengganti HDD. Anda dapat membaca cara mem-backup pada langkah pertama nanti.

1.Backup saved game dan data lainnya
Backup – Awali langkah dari menu “Settings | System Settings | Backup Utility | Back Up”. USB Flash Drive (UFD) 2 GB (seperti yang Saya gunakan) cukup untuk menyimpan saved game (saya menyimpan saved game Sonic the Hedgehog, Sonic Unleashed, dan Gran Turismo 5). Apabila ingin mem-backup film atau musik, gunakan HDD eksternal. Pastikan UFD atau HDD eksternal anda berformat FAT32.

2.Mengeluarkan HDD lama
Mencabut HDD lama – Pada sisi bawah PS3 yang kecil terdapat sebuah pegangan (lid) yang dapat anda buka dengan bantuan sebuah benda kecil. Selanjutnya, buka sekrup biru. Berhati-hatilah, karena sekrup mudah rusak jika obengnya tidak berukuran pas. Tarik pegangan logam kekanan (dalam posisi PS3 normal, tidak terbalik) Selanjutnya, tarik keluar HDD tray pada pegangan logam tersebut.

3.Memasang HDD SATA baru
Instalasi HDD baru – Setelah melepas HDD lama dari tray dengan mencabut keempat sekrupnya, masukkan HDD baru pada tray dengan posisi yang sama lalu masukkan keempat sekrup tadi. Pasang tray HDD beserta HDDnya kedalam PS3 kembali. Setelah itu, pasang kembali sekrup biru, dan tutup lid HDD PS3.

4.Mem-format HDD baru
Sentuhan akhir – Setelah anda hidupkan, PS3 akan mendeteksi HDD baru, dan langsung meminta konfirmasi anda untuk mem-format HDD tersebut. Periksa ukuran HDD baru pada “Settings | System Information | Free memory space”. Agar data-data anda yang telah-backup dapat kembali diakses, copy-lah data tersebut ke HDD baru. Kini, dengan HDD 500 GB, anda telah memiliki PS3 terbaik didunia (setelah yang milik saya, tentunya.😉 )

Sumber : Majalah CHIP


Cara backup yang lebih efisien :
Belilah enclosure (casing) untuk internal HDD, agar dapat digunakan sebagai HDD eksternal. Ikuti langkah berikut ini, bila data yang ingin anda pindahkan cukup besar, dan anda tidak memiliki external HDD.

  1. Cabut HDD lama dari PS3 (cara-caranya lihat keatas).
  2. Pasangkan HDD tersebut pada enclosure
  3. Colokkan kabel dari enclosure ke komputer
  4. Copy data didalam HDD tersebut ke HDD komputer
  5. Cabut HDD lama dari enclosure dengan membalik langkah 2-3
  6. Lakukan langkah 2-3 dengan HDD baru
  7. Format HDD baru dengan format FAT32
  8. Copy data yang telah anda copy ke HDD komputer, kedalam calon HDD PS3 anda
  9. Cabut kembali HDD baru dari enclosure seperti dalam langkah 5
  10. Pasang HDD baru ke PS3, anda tidak perlu mem-format lagi di PS3

Selanjutnya, anda dapat menggunakan HDD PS3 yang lama sebagai HDD eksternal anda.


Untuk video-nya,…:

Ada juga cara upgrade ke HDD 3.5 inci seperti pada PC.

Replace the HDD of PS3 60GB(2.5inch) to 400GB(3.5inch)

Khusus link yang terakhir, tidak saya rekomendasikan.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke Membuat PlayStation 3 anda menjadi yang terbaik didunia!

  1. Michael berkata:

    hoy pat ini michael akhirnya daftar lagi ke winl iv id maseko bukan sakit atau apapun dan dia benar-benar lupa blognya

  2. arul berkata:

    mas bro, ane mau nanya ni, rencananya ane mau beli ps3 tapi g tau mau beli yg tipe mana, tlng bimbingannya mas? baik keunggulan dan kekurangan msng2nya.Tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s