Nokia PC Suite

Mengetik SMS dengan keyboard komputer? Inilah salah satu keuntungan pengguna Nokia PC Suite dan telepon genggam Nokia. Nokia PC Suite adalah software gratis yang dapat diinstalasi pada PC yang ingin terkoneksi secara optimal dengan telepon genggam Nokia.

Halaman resmi Nokia PC Suite

Berdasarkan pengalaman menggunakan Nokia N-Gage, saya tidak dapat mengirimkan file besar dari laptop saya ke N-Gage saya dengan fasilitas bluetooth. Saya tidak mencoba menggunakan kabel USB karena tidak ada port USB pada Nokia N-Gage. Setelah diteliti, ternyata, N-Gage saya menerima file yang dikirim dengan bluetooth, dan langsung memasukkannya ke Phone Memory. Apa boleh buat, saya hanya dapat bertukar gambar saja.

Ketika saya menukar-tambah telepon genggam saya dari Nokia N-Gage ke Nokia 6300, beruntunglah penjualnya berbaik hati mau mengajarkan saya bagaimana cara mengirim video, musik, bahkan mengirim/membalas SMS dengan software Nokia PC Suite yang dibundel dalam Nokia 6300.

Ketika tiba di rumah, saya langsung menginstalasi Nokia PC Suite yang dibundel pada PC saya, karena ternyata port USB yang dimiliki Nokia 6300 sama dengan kamera digital Panasonic yang dimiliki orangtua saya. Tetapi, terjadi kendala, karena Nokia PC Suite kerap bermasalah. Hal ini juga terjadi pada laptop saya yang terkoneksi dengan bluetooth.

Setelah browsing di internet, ternyata, Nokia PC Suite sudah mencapai 7.1.18.0, langsung saya unduh dan instalasi hingga menampilkan layar utama seperti yang terlihat di atas. Dan pengiriman video, musik, dan SMSan berjalan dengan lancar.

Kesimpulannya, Nokia PC Suite 6 yang dibundel dalam dus Nokia 6300 belum mendukung PC dan laptop saya yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows Vista.

  • Ini adalah beberapa fitur penting dari Nokia PC Suite: (dari softpedia.com)
  • Mem-Back up & restore telepon genggam
  • Mengirim informasi, gambar, dan musik dari telepon genggam ke telepon genggam lain atau komputer.
  • Sinkronisasi antara fitur Calendar pada telepon genggam dengan komputer pada program-program.
    • Microsoft Outlook 2000-2007
    • Microsoft Outlook Express / Windows Address Book
    • Lotus Organizer 5.0-6.0
    • Lotus Notes 5.x-8.x
    • Microsoft Windows Vista Contacts
    • Microsoft Windows Vista Calendar
    • Bookmark pada Microsoft Internet Explorer atau Mozilla Firefox
  • Mengubah daftar kontak, gambar, dan nama-nama pada telepon genggam
  • Menginstalasi aplikasi berbasis Java ke telepon genggam
  • Konversi antara format-format ringtone
  • Memutar surat multimedia dan video
  • Mengirim SMS dari komputer
  • Menjadikan telepon genggam sebagai modem bagi komputer.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Nokia PC Suite

  1. Michael berkata:

    Hmmm hp bisa jadi modem hebat sekali

Tinggalkan Balasan

